Wednesday 29 January 2014

Kontrasepsi alami Untuk Wanita

Merupakan hak bagi setiap wanita untuk menentukan/merencanakan kehamilannya. Meskipun berbagai alat kontrasepsi buatan saat ini telah banyak digunakan, namun banyak pula wanita yang menginginkan alat kontrasepsi  alami.  Cara paling mudah dalam menggunakan alat kontrasepsi alami ini adalah metode yang dikenal dengan Single Index ( kalender, Termal, Lendir serviks ).

Bila anda berniat menggunakan cara alami dalam merencanakan atau mencegah kehamilan, berikut beberapa hal yang harus anda ketahui:

Sperma dalam tubuh wanita
Sperma dalam tubuh wanita dapat bertahan sekitar 48-72 jam

Ovum/telur pada tubuh wanita
Masa subur wanita terjadi ada 14 hari sebelum haid berikutnya. Pada masa subur ini, telur pada wanita siap untuk dibuahi, dan masa subur ini hanya berlangsung selama 12-24 jam.

Bagaimana cara mencegah/merencanakan kehamilan?
Pada prinsipnya, mencegah/merencanakan kehamilan ini didasarkan pada masa hidup ovum dan sperma di dalam tubuh wanita.

1.       Kalender
Wanita perlu mencatat siklus haid selama 8-12 bulan pertama. Hal ini untuk mengantisipasi adanya perbedaan siklus haid setiap bulannya. Pada wanita dengan siklus yang tidak menentu, perlu dilakukan pencatatan terlebih dahulu.masa subur dapat dihitung dengan:
Siklus terpendek-18
Siklus terpanjang-11
Dengan cara ini, wanita dapat menentukan rentang masa suburnya.

2.       Termal
Pada saat ovum siap untuk dibuahi, suhu tubuh wanita dapat meningkat 0,1-0,5 derajat celcius

3.       Lendir Serviks

Dapat digambarkan sebagai berikut :
     Tabel di atas merupakan tahapan dari siklus menstruasi wanita pada umumnya, akan tetapi terdapat beberapa wanita memiliki siklus haid yang berbeda mengenai lama haid, dan fase keringnya, namun pada dasarnya sama, yakni ovulasi terjadi pada hari ke-14 sebelum haid berikutnya,sehingga begitu lendir pertama keluar setelah masa haid berakhir,bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mulai melakukan hubungan intim secara teratur setiap 2-3 hari sekali, sedangkan bagi wanita yang ingin menunda kehamilan dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual/memakai kondom hingga masa kering setelah ovulasi terjadi.
      Dianjurkan untuk menggunakan paduan dari ketiga cara di atas yaitu kalender, termal, dan lender serviks untuk merencanakan/menunda kehamilan. Keefektivan dari metode kontrasepsi alami ini tergantung pada kepatuhan dari pasangan dan kejelian dalam membaca perubahan dari suhu tubuh dan perubahan lendir serviks dari hari ke hari. Angka kegagalan dari metode kontrasepsi alami ini yaitu 0,4-39,7 kehamilan pada 100 wanita per tahun

No comments:

Post a Comment